Selasa, 19 Maret 2013

Beberapa Istilah dalam Ilmu Lingkungan


  1. Lingkungan hidup yaitu tempat / ruang dimana manusia merealisasikan pemikirannya untuk kelangsungan hidupnya dengan memenfaatkan sumber daya alam yang ada. 
  2. Pengelolaan lingkungan yaitu bagaimana manusia menjaga, memelihara, serta dapat bijaksana dalam pemanfaatan sumber daya alam yang ada dilingkungan.
  3. Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup yaitu bagaimana manusia dapat mengelola lingkungan hidup, disamping ia juga harus ikut serta dalam pembangunan demi menciptakan kehidupan yang lebih baik dimasa kini dan masa yang akan datang.
  4. Pelestarian Fungsi Lingkungan Hidup adalah rangkaian untuk memelihara kelang-sungan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup 
  5. Daya Dukung Lingkungan Hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung kehidupannya dan makhluk hidup lainnya. 
  6. Daya Tampung Lingkungan Hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untuk menyerap zat, energi, dan atau komponen lain yang masuk atau dimasukkan ke dalamnya. 
  7. Pelestarian Daya Tampung Lingkungan Hidup adalah rangkaian bagaimana manusia dapat melindungi lingkungan hidup untuk memenuhi kebutuhannya dalam menyerap zat, energi, dan/atau komponen lain yang dibuang ke dalamnya. 
  8. Sumber Daya adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya alam, baik hayati maupun non hayati, dan sumber daya buatan. 
  9. Baku Mutu Lingkungan Hidup adalah ukuran batas atau kadar makhluk hidup, zat, energi, atau komponen yang ada dan/atau unsur pencemar yang ditenggang keberadaannya dalam suatu sumber daya tertentu sebagai unsure lingkungan hidup, 
  10. Pencemaran Lingkungan Hidup adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan ling-kungan hidup tidak bisa berfungsi lkagi dalam menunjang pembangunan berkelanjutan, 
  11. Dampak Lingkungan Hidup adalah pengaruh perubahan pada lingkungan hidup yang diakibatkan oleh suatu usaha dan/atau kegiatan 
  12. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan, contohnya beberapa kegiatan dalan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar