Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan adalah suatu ikhtiar yang luas, berlangsung seumur hidup, dan menantang individu, lembaga dan masyarakat untuk memandang hari esok sebagai hari milik kita semua, atau ini tidak akan menjadi milik siapapun.
Konferensi PBB pada Lingkungan dan Pembangunan pada tahun
1992, Pertemuan ini berfokus pada proses orientasi dan
re-orientasi pendidikan dalam rangka membantu perkembangan nilai-nilai dan
tingkah laku yang bertanggung jawab bagi lingkungan, juga untuk menggambarkan
jalan dan cara melakukannya.
Pertemuan
Tingkat Tinggi Johannesburg
pada tahun 2002 , visi pertemuan ini yaitu upaya meraih keadilan sosial
dan memerangi kemiskinan sebagai prinsip-prinsip kunci dari pembangunan yang
berkelanjutan: “memenuhi
kebutuhan sekarang tanpa mengesampingkan kemampuan generasi masa depan untuk
memenuhi kebutuhan mereka sendiri”.
Deklarasi
Universal Hak-hak Asasi Manusia (Universal
Declaration of Human Rights) dan Deklarasi Dunia tentang Pendidikan
untuk Semua (World Education
on Education for All), Forum Pendidikan Dunia (World Education Forum) telah
mengakui bahwa pendidikan adalah hak asasi manusia yang mendasar dan ini
adalah kunci bagi pembangunan berkelanjutan, perdamaian dan stabilitas,
pertumbuhan sosial ekonomi, dan pembangunan bangsa.
By Rahman & Soraya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar